Kunci Sukses Socrates


Menjadi sukses adalah impian setiap orang. Begitu pula yang diinginkan oleh seorang pria muda dalam kisah ini. Untuk mendapatkan keinginannya itu, pria muda itu pergi menemui Socrates. Dia ingin menanyakan kunci sukses ala Socrates. Tapi Socrates tidak langsung menjawab pertanyaanya. Socrates meminta pria muda itu untuk menemuinya lagi esok hari. Keesokan harinya, mereka pun bertemu kembali. Socrates meminta pria muda itu untuk berjalan bersamanya, masuk, menuju ke tengah-tengah sungai.
Mereka terus berjalan masuk ke dalam sungai sampai air sungai itu hampir menyentuh batas leher mereka. Tiba-tiba, Socrates menarik pria muda itu. Socrates memegang kepalanya dan menekannya ke dalam air. Tentu saja pria muda itu memberontak dan berusaha mengeluarkan kepalanya dari dalam air. Sekuat tenaga dia berusaha, tapi Socrates terlalu kuat untuk menahan kepalanya di dalam air. Hingga dia mulai kehabisan nafas, lalu Socrates baru menarik kepala pria muda itu keluar dari dalam air. Setelah kepalanya berada di luar air, hal pertama yang dilakukannya tentu adalah bernafas. Pria itu menarik nafasnya dalam-dalam dan terlihat lega menikmati udara.
Lalu Socrates menanyakan pada pria muda itu “Apa yang paling kamu inginkan saat kamu berada di dalam air tadi?”
“Udara” Jawab pria muda itu.
“Ya! itulah jawabanku. Itu adalah kunci dari kesuksesan. Ketika kamu menginginkan kesuksesan sebesar kamu menginginkan udara, maka kamu pasti akan mendapatkannya.” Tidak ada rahasia lain.
Semangat yang membara adalah langkah awal dari semua keberhasilan. Seperti api yang kecil tak mampu memberi cukup kehangatan, semangat yang lemah tidak dapat menghasilkan kesuksesan,



Related Post

Next
Previous