Ini Nih Aneka Jajanan Ala Jepang yang Wajib Kamu Tahu

Apa Saja Sih Jajanan Ala Jepang?


Kalau kuliner dari Indonesia sih pastinya kamu sudah banyak yang kenal khan? Tapi kalau ragam kuliner dari Jepang? Sudah banyak tahu belum nih? Jepang ternyata juga termasuk negara yang kaya akan ragam kuliner alias jajanan loh.
Ada pula jajanan ala Jepang yang terkenal dan sering dijajakan di pinggiran jalan. Ya seperti penjaja kaki lima di Indonesia gitu loh. Menariknya lagi nih, di Indonesia pun ternyata juga sudah banyak para penjaja jajanan ala Jepang ini. Jadi, kamu pun bisa menikmatinya dengan lebih mudah tanpa harus ke Jepang.
Memangnya, apa saja sih jajanan ala Jepang yang populer di Indonesia? Yuk kita tengokin dulu dan cicipi rasanya lewat kata. Hmm…

1.      Yakitori

Yakitori adalah jajanan ala Jepang sejenis satai yang terdiri dari potongan ayam. Potongan ayam yang digunakan ini bisa meliputi bagian jantung, hati dan tulang rawan loh. Cara memasaknya pun seperti memasak satai biasa yakni dengan menggunakan tusuk daging lalu dipanggang di atas panggangan arang.
Selain menggunakan ayam, yakitori biasanya disajikan lengkap dengan aneka sayuran dan jamur. Dan yang lebih khas lagi, yakitori juga dinikmati bersama dengan aneka saus ala Jepang. Hmm, yummy dech.
Yakitori

2.      Takoyaki

Takoyaki adalah salah satu jajanan pinggiran Jepang yang populer loh. Asalnya dari daerah Kansai, Jepang. Takoyaki identik dengan rasanya yang gurih dan bentuknya yang berupa bola mungil. Adonan takoyaki dibuat dari tepung terigu yang di dalamnya biasa diisi dengan gurita.
Saat ini, takoyaki sudah banyak dikreasikan sehingga isinya pun bisa beragam. Mulai dari sosis, daging asap sampai keju bisa dijumpai dalam isi takoyaki loh. Menikmati takoyaki paling nikmat kalau bola mungil ini masih hangat. Lengkap pula dengan saus bulldog, mayonaes plus taburan katsubushi dan juga nori. Takoyaki ini sepertinya juga jadi jajanan ala Jepang yang paling populer di Indonesia ya?
Takoyaki

3.      Okonomiyaki

Okonomiyaki ini rasanya mirip loh dengan takoyaki. Hanya saja, okonomiyaki dibuat dari tepung terigu yang dicairkan, lalu ditambah dengan kubis, telur, udang, cumi – cumi dan bahan lain deh sesuai selera kamu. Setelah adonan jadi, baru deh digoreng di penggorengan datar.
Kalau sudah matang, okonomiyaki akan disiram dengan suas konomiyaki, mayones dan dilengkapi pula dengan taburan katsubushi. Rasanya sih kalau kata Pak Bondan ya ‘Mak Nyus’ gitu.
Okonomiyaki

4.      Kakigori

Kakigori? Nama yang unik ya? Rasanya juga unik loh. Kalau nama panjangnya sih Ujinkintoki kakigori. Yang satu ini jajanan berupa es campur ala Jepang. Isinya adalah campuran teh hijau dengan kacang merah sebagai isi utamanya.
Kakigori


5.      Yakisoba

Yakisoba ini kalau di Indonesia ya mirip – mirip dengan mi goreng gitu deh. Hanya saja, yakisoba menggunakanmi yang berasal dari tepung terigu yang sudah dikukus sampai matang. Yakisoba biasanya dibuat dengan bumbu kecap atau saus tiram sehingga rasanya pun nikmat.
Di dalam yakisoba, ada campuran selain mi loh, yakni seperti kubis, daging, dan juga aneka sayuran. Selain itu, bisa juga ditambahkan dengan wortel, bombai, nori, udang kering, sampai acar jahe. Ow ya, dulunya, yakisoba ini berasal dari mi goreng ala Cina loh. Tapi tentu saja kemudian disesuaikan dengan selera orang Jepang.
Yakisoba


6.      Dorayaki

Yang suka nonton Doraemon, pasti deh tahu Dorayaki? Kue asal Jepang yang satu ini termasuk golongan kue tradisional Jepang atau yang biasa disebut wagashi loh. Bentuknya bundar dan sedikit tembem. Ya mirip kaya yang biasa dimakan Doraemon gitu.
Dorayaki terdiri dari dua lembar kue yang direkatkan dengan selai kacang merah. Teksturnya yang lembut membuat siapa pun bisa dengan mudah jatuh hati sama kue satu ini. Ow ya, Dorayaki ini juga mirip sama kue Jepang yang bernama Kastela loh. Ini karena adonannya yang juga mengandung madu.
Dorayaki


7.      Taiyaki

Taiyaki ini kue yang lucu loh, karena bentuknya seperti ikan. Taiyaki terbuat dari adonan tepung terigu yang dipanggang dalam dua bagian bentuk ikan. Dua adonan ini lalu ditumpuk dan diisi dengan kacang merah. Yang lebih nikmat, taiyaki juga bisa dinikmati dengan selai coklat, keju atau pun custard loh.
 Taiyaki

8.      Mochi

Di Jepang, jajanan mochi ini sangat populer loh. Bahkan, mochi pun juga populer di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia kali ya? Kue mochi berbentuk bulat kecil dan berwarna – warni. Kue mungil ini dibuat dari bahan beras ketan yang ditumbuk sampai lembut dan lengket, lalu dibentuk bulat dan dimasak dengan cara dikukus.
Mochi

9. Dango

Dango juga termasuk jajanan Jepang yang cukup populer. Dango adalah jenis kue beras uang kenyal berbentuk bola – bola kecil dan ditusukkan pada tusuk satai. Untuk menikmatinya, dango ini dilengkapi dengan siraman kecap gula tau kacang pasta merah yang yummy. Rasa kue dango juga bisa bermacam – macam loh, seperti teh hijau, wijen, atau kacang merah.
Dango


10.  Ramen

Nah, siapa sih yang tak kenal ramen. Jajanan jepang ini sepertinya sudah sangat populer di Indonesia ya? Rameh adalah mie kuah ala Jepang yang awalnya sih juga berasal dari Cina. Tapi, mi ramen ini sudah berkembang pesat dan jadi makanan rakyat Jepang. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chukka soba atau shina soba.
Rasa kuah ramen ini bisa bervariasi, tergantung pada kuah kalduyang digunakan, bumbu serta lauk apa saja yang ditambahkan dalam mi. bahkan, bahan – bahan produksi lokal dari berbagai daerah pun bisa menghasilkan rasa ramen yang juga berbeda dan khas.
Ramen

Related Post

Next
Previous