Wisata Kuil di Korea Selatan - Kuil Haedong Yonggungsa

Kuil Haedong Yonggungsa Busan Korea Selatan memang Wow Banget

Haio, siapa yang tergila – gila dengan para artis K-Drama dan K-Pop Korea Selatan? Kurang lengkap donk ya kalau udah mengenal para artis top-nya, tapi kurang mengenal wilayahnya. So, mari deh kita jalan – jalan dulu ke salah satu tempat wisata menarik di kota Busan Korea Selatan.
Pernah dengan Busan khan? Busan juga sering muncul di drama – drama Korea loh. Kota ini terkenal sebagai kota pantai karena memang memiliki banyak sekali deretan tempat wisata pantai yang luar biasa indah. Tapi, kali ini kita tak akan pergi ke pantai nih. Kita akan menjelajah ke tempat wisata yang menawarkan sisi lain dari Busan, yakni tempat wisata kuil.
Tahu donk, kalau Korea Selatan juga terbilang kaya dengan tempat wisata sejarah berupa kuil. Nah, di Busan pun, juga ada sebuah kuil menarik bernama Kuil Haedong Yonggungsa. Kuil yang satu ini spesial loh. Ini karena kuil ini tak seperti kebanyakan kuil di Korea Selatan yang dibangun di area pegunungan, melainkan justru dibangun di tepian tebing. Wow banget khan?

Perjalanan menuju Kuil Haedong Yonggungsa
Nah, untuk menuju ke kuil yang memiliki pemandangan luar biasa dari tebing nan memukau ini, perjalanan bisa dimulai dari stasiun bawah tanah Haeundae di Busan. Dari stasiun ini, kita bisa melaju dengan bus nomor 181 yang bisa ditunggu di tempat pemberhentian bus.
Bus nomor 181 ini yang siap membawa kamu sampai ke depan jalan masuk area Kuil Haedong Yonggungsa. Ow ya, untuk membayar bus, kamu perlu t-money alias kartu transportasi prabayar Korea Selatan. Tapi kalau kamu tak punya, bayar saja langsung dengan harga sekitar 1300 won.
Eits, selalu bayar dengan uang pas ya, karena sang supir tidak melayani pengembalian. Jadi, kalau kamu memasukkan uang lebih ke dalam kotak uang yang ada di pintu masuk bus, kamu tak bisa mendapatkan sisa lebihnya.
Kalau kamu datang dengan rombongan, kamu juga bisa menyewa taksi dari Heaundae. Tapi unutk biaya taxi ini, siapkan 12.000 won ya. Meski mahal, tengan Taxi perjalanan kamu bisa lebih mudah karena kamu akan diantarkan langsung tepat di area kuil, dan bukan di pintu gerbang masuknya.
Dari gerbang pintu masuk menuju kuil memang masih cukup jauh loh. Setidaknya, kamu perlu 20 menit perjalanan jalan kaki melewati tanjakan terjal dan tangga curam yang cukup melelahkan. Tapi, tentu saja kalau merasa punya stamina kuat dan ingin seru – seruan sambil menikmati perjalanan menuju area kuil, boleh lah berjalan dari area gerbang.
Kuil Haedong Yonggungsa

Patung Megah Berukuran Raksasa
Kalau kamu sampai di depan pintu menuju kuil ini, kamu juga sudah disambut dengan panorama megah dari patung kedua belas shio yang berukuran raksasa loh. Patung dua belas shio ini letaknya ada di sisi kiri jalan.
Nah, kalau kamu tengok di sebelah kanan, maka ada lagi patung menarik lain, yakni patung dewa dan kaligrafi yang cantik dan juga megah. Kuil memang biasanya kaya akan patung ya. Termasuk juga di Kuil Haedong Yonggungsa, yang di beberapa bagian sudutnya, juga ada aneka patung Budha untuk berbagai macam doa. Misalnya saja, patung Budha untuk pengharapan keturunan, sampai patung Budha untuk kesuksesan akademis loh.

Spot menarik dari Kuil Haedong Yonggungsa
Kalau kamu sudah sampai di area utama Kuil Haedong Yonggungsa, bersiap deh untuk terpukau. Keindahan kuil ini bisa dinikmati dari berbagai spot menarik loh. Salah satu spot menarik yang banyak diakui sih kabarnya ada di dekat pintu masuk. Tahu kenapa spot ini menarik? Ini karena ada patung Budha emas yang disebut sebagai Haedongibawi yang begitu cantik dan anggun.
Spot lain, ada di daerah bukit batu karang. Spot satu ini wow banget deh, dan siap buat kamu merinding. Keindahan alamnya super menakjubkan dan bisa jadi merupakan spot paling ideal untuk menyaksikan keindahan kuil secara menyeluruh mulai dari kuil Yongwangdang sampai patung dewi Kwan Im raksasa, karena semuanya tampak dari spot ini.
Satu lagi nih spot menarik dari tempat wisata kuil di Korea Selatan ini yang juga super cantik dan menarik. Spot menarik dari Kuil Haedong Yonggungsa Busan ini adalah pantai. Ya, pantai lagi. Namanya juga kota pantai. Jadi, Busan pun juga kaya akan pantai, bahkan pantai pun bisa dinikmati dekat dengan Kuil Haedong Yonggungsa yang indah ini.
Jangan ragu untuk menjajal melihat pemandangan pantai dari sini loh. Hamparan birunya laut Kuning terlihat sangat menakjubkan dari spot ini. Nuansanya pun sangat sejuk dan bisa membuat kamu merasa merinding saking indahnya. Kalau sudah disini, rasa lelah setelah perjalanan menjelajahi Kuil Haedong Yonggungsa bisa sirna seketika deh.
Ow ya, satu hal yang perlu kamu tahu sebelum mengunjungi tempat wisata kuil di Korea Selatan ini adalah area kuil ini yang luas. Jadi, kamu harus mempersiapkan stamina ekstra supaya kamu bisa menjelajah dengan nyaman. Untuk menjelajahi kuil ini, setidaknya kamu akan butuh waktu sampai setengah hari loh. Jadi, datanglah seawal mungkin ke Kuil Haedong Yonggungsa ini ya, dan selamat menikmati sisi lain dari kota Busan Korea Selatan.

Related Post

Next
Previous