Aneka Tempat Wisata di Jepara Super Seru

Yuk Jalan – Jalan ke Kota Jepara


Haio, siapa yang tak pernah mendengar nama kota Jepara? Kota Jepara identik dengan tokoh emansipasi wanita kita loh, yakni Ibu Kita Kartini. Tak hanya populer karena nama R.A. Kartini, tapi Jepara juga ternyata juga kaya akan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi loh.
Sudah tahu belum aneka tempat wisata di Jepara yang super seru? Yuk, kita jalan – jalan sejenak ke kota yang ada di kabupaten di Jawa Tengah ini. Hmm, kotanya asri dan alamnya elok loh. Bahkan, tak hanya para wisatawan lokal saja yang senang mengunjungi Jepara, para wisatawan internasional pun juga banyak yang datang berkunjung ke Jepara loh.
Langsung saja kita tengok aneka tempat wisata di Jepara ini yuk.

1. Taman Nasional Karimunjawa
Yuhuu, siapa pecinta wisata yang tak kenal dengan pulau Karimunjawa ini? ini dia nih kepulauan indah bak surgawi yang sangat populer sampai ke mancanegara. Hmm, atau mungkin kamu tak tahu kalau Karimunjawa ini bagian dari Jepara?
Kepulauan Karimunjawa yang memiliki 27 pulau di Laut Jawa ini terletak sekitar 83 km di arah barat laut kota Jepara loh. Karimunjawa merupakan sebuah taman nasional yang luasnya mencapai 107.225 ha. Karena taman nasional Karimunjawa ini begitu berharga, tempat ini pun jadi salah satu cagar alam laut yang dilindungi.
Salah satu destinasi wisata alam terpopuler di Indonesiaini mempunyai ekosistem hutan hujan daratan rendah yang asri, padang lamun, algae, hutan pantai sampai hutan mangrove. Tak hanya itu, laut Karimunjawa juga kaya akan biota laut loh.
Setidaknya ada 90 jenis karang keras, 242 jenis ikan hias, hingga 133 genera akuatik, yang menghuni lautan Karimunjawa. Bahkan, beberapa diantaranya masuk dalam kategori dilindungi juga.
Tempat Wisata di Jepara

2. Benteng Portugis
Benteng Portugis juga bisa jadi destinasi tempat wisata di Jepara yang seru nih. Benteng Portugeis menawakan panorama cagar budaya yang dipadukan dengan panorama alam sekaligus. Keren bukan?
Kecantikan Benteng Portugis ini tak terbantahkan dech. Tau kenapa? Ini karena tempat bersejarah ini dibangun di atas perbukitan batu yang terletak persis di tepian laut loh. Wah, pemandangannya pasti luar biasa indah deh.
Apalagi, di bagian utara Benteng Portugis ini juga tepat menghadap ke Pulau Mandoliko, yang semakin menabah khas penampakan wisatanya. Perpaduan dari pemandangan bukit, panorama pantai, dan juga hamparan batuan sedimen yang menawan jadi perpaduan alam yang sempurna untuk dinikmati.
Ow ya, soal lokasi benteng yang juga berperan dalam mengontrol jalur pelayaran kapal dari Jepara ke Indonesia bagian timur ini bisa kamu temukan di wilayah Desa Banyumanis, tepatnya di Kecamatan Donorojo, Jepara.

3. Museum R.A. Kartini
Karena identik dengan R.A Kartini, tak seru donk kalau tak ada wisata yang berbau R.A. Kartini. Nah, tempat wisata di Jepara yang berkaitan dengan beliau adalah Museum R.A. Kartini yang berlokasi di sisi utara alun-alun kota Jepara.
Menemukan museum R.A. Kartini gampang banget deh. Di dalam museum ini, kamu bisa menikmati situs sejarah yang sangat berharga. Ya, tentu saja seperti dengan nama museum ini donk, yakni aneka koleksi berharga peninggalan R.A. Kartini.
Selain barang-barang RA Kartini, kamu juga bisa menikmati benda-benda peninggalan dan foto-foto kakak kandung beliau yakni Drs. RMP. Sosrokartono. Masih ada juga beragam benda purbakala periode abad ke-7 di era Ratu Shima loh. Misalnya saja benda penguasa kerajaan Kalingga di wilayah Keling Kabupaten Jepara.
Ow ya, ada satu hal lagi yang menarik, yakni kerangka ikan raksasa yang dinamai “Joko Tuo”. Menariknya, kerangka ikan ini memang luar biasa besar loh. Kerangka yang ditemukan di tahun 1989 ini panjangnya mencapai 16 m dengan lebar 2 m dan beratnya sendiri mencapai 6 ton. Wow banget khan?

4. Pulau Panjang
Ini dia saatnya bertandang ke tempat wisata di Jepara yang asri banget. Yap, Pulau Panjang. Pulau Panjang ini adalah tempat wisata alam yang populer dengan pesona alam lautnya yang indah loh.
Pulau yang dikelilingi oleh lautan dangkal ini sangat seru untuk dijelajahi. Apalagi, pulau ini memiliki dasar terumbu karang yang tampak begitu memukau. Belum lagi, putih pantainya yang putih bersih juga semakin membuat pulau ini nyaman untuk dipandang.
Di sisi selatan dan barat pulau yang memiliki luas sampai 19 ha ini nih, ada area paling tepat untuk bermain dan menikmati pesona Pulau Panjang loh. Di sekitar tempat tersebutlah air lautnya tampak luar biasa jernih sekaligus tidak berarus.
Jadi, kamu bisa bebas bermain, berenang, snorkeling, atau mau bermain kano pun juga boleh. Kalau ingin menjelajah sampai ke tengah pulau, kamu juga bisa menikmati panorama alam asri dari hutan tropis. Ada pohon-pohon besar menjulang tinggi yang diselingi dengan perdu serta semak memenuhi tengah pulau ini.

Related Post

Next
Previous