Menjelajahi Aneka Wisata Alam Gorontalo

Bagi penggemar wisata alam, Indonesia bisa jadi tujuan wisata yang menarik. Anda dapat dengan mudah menemukan beragam wisata alam mempesona yang membentang dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Dari bentangan alam itu, Gorontalo adalah satu tempat yang menyimpan kecantikan tersendiri. Provinsi Gorontalo terletak di Indonesia bagian tengah, tepatnya di wilayah Sulawesi Selatan.
Dari utara hingga selatan wilayah Gorontalo adalah pegunungan. Pegunungan yang membentang inilah yang membuat Gorontalo sangat menakjubkan. Ini karena gunung-gunung dan hutan di Gorontalo menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna endemic unik. Hutan di Gorontalo ditumbuhi oleh flora menarik seperti ebony, lingua, nantu, meranti, dan rotan. Selain itu, Gorontalo menjadi tempat berlindung bagi berbagai hewan langka. Sedikit diantaranya seperti Anoa, Tersius, burung maleo dan babi rusa.

Burung maleo adalah salah satu hewan yang menarik dari wilayah ini. Spesies burung ini memiliki telur yang ukurannya justru lebih besar dari tubuhnya sendiri. Terbayang bagaimana lucunya? Tarsius juga tak kalah menarik. Ini adalah hewan primata terkecil di dunia, dengan panjang hanya sekitar 10 cm.
Apa Anda mulai tertarik untuk berkunjung ke Gorontalo? Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata popular di Gorontalo yang pasti bisa memikat pandangan Anda.
Teluk Tomini
image source: kompasiana.com
Teluk Tomini terletak di bagian selatan laut Gorontalo. Disini, tersebar pulau-pulau kecil tak berpenghuni dengan pasir putih yang sangat indah. Teluk yang dilintasi garis khatulistiwa ini pun juga menjadi tempat berlindung bagi beragam jenis hewan laut yang dapat memuaskan mata para penyelam.
Kolam Renang Potanga
Jika ingin bersantai dengan menceburkan diri ke kolam renang, tidak ada salahnya jika Anda mencoba ke Kolam Renang Potanga. Kolam renang ini terletak sekitar 4 km dari pusat kota Gorontalo. Yang spesial dari kolam renang ini adalah airnya yang dingin dan segar. Ini karena air kolam renang ini berasal dari mata air pegunungan yang alami.
Benteng Otanaha
image source: gocelebes.com
Benteng ini terletak di wilayah Dembe, Kota Barat, atau sekitar 8 km dari pusat kota Gorontalo. Karena terletak di atas dataran tinggi, Anda pun bisa sekalian menikmati pemandangan indah dari Danau Limboto dari benteng ini. Benteng Otanaha dapat menjadi pelengkap wisata yang menarik bagi penggemar sejarah. Ini adalah benteng peninggalan para raja Gorontalo yang dahulu digunakan sebagai tempat perlindungan dan pertahanan. Keunikan dari benteng ini terletak pada material yang digunakan untuk membangunnya, yang terdiri dari campuran pasir, plester dan juga putih telur dari burung Maleo.
Jika Anda pergi kesana, Anda juga disuguhkan benteng Otahiya dan Istana Ulupahu, yang terletak di wilayah yang sama dengan Benteng Otanaha. Untuk menuju kesana, Anda ditantang untuk dapat melewati 345 anak tangga.
Pasir Putih Leato
Satu lagi wisata pantai yang dihiasi pasir putih adalah Pasir Putih Leato. Pantai ini terletak sejauh 12 km dari pusat kota Gorontalo. Seperti namanya, pantai ini memiliki pasir putih indah yang lembut. Ditambah lagi, kehidupan bawah air di sekitaran Pasir Putih Leato juga sangat menarik. Karang-karang indah bergerombolan menambah nuansa cantik. Apalagi, ada kapal ikan unik yang dapat menjadi daya tarik tersendiri.
Taman Laut Olele
image source: viva.co.id
Dekat dari pusat kota Gorontalo, ada taman laut indah yang menjadi surge bagi para penyelam. Jaraknya hanya 45 menit dari pusat kota. Ini adalah Taman Laut Olele. Taman ini memiliki kekayaan sumber daya laut berlimpah. Jika Anda ingin mencari tempat menyelam lainnya, Anda juga bisa berkunjung ke Pantai Lahilote yang tak kalah indah.
Danau Limboto
10 km dari pusat kota Gorontalo terdapat sebuah desa bernama desa Iluta. Desa ini memiliki sebuah danau cantik yang dikenal sebagai Danau Limboto. Di danau ini tersimpan berbagai jenis ikan air tawar unik yang hanya bisa ditemukan di danau ini. Jika Anda ingin menikmati pemandangan yang lebih indah lagi, disana juga ada Menara Mulia yang tingginya 60 meter. Anda bisa menjelajahi pemandangan indah dari Danau Limboto melalui teleskop yang tersedia di bagian atas menara ini. Bahkan, Anda juga bisa menikmati hindangan di restoran di dalam menara ini yang juga menjual souvenir.
Pemandian Air Panas Alami Lombongo
Jauh dari pusat kota, yakni sekitar 20 km, terdapat pemandian air panas alam Lombongo, di desa Lombongo, Suwawa. Mata air panas alami di pemandian ini mengandung belerang yang mampu menyembuhkan penyakit kulit. Selain pemandian, disini juga tersedia arena bermain dan juga panggung pertunjukan seni.
Pantai Indah Boalemo
Pantai Indah Boalemo memiliki keindahan pasir putih yang dipadu dengan air jernih nan tenang. Airnya yang lembut ini membuat Anda bisa lebih leluasa untuk berenang, berperahu atau pun berenang sambil menikmati pemandangan di sepanjang pantai yang dipenuhi pohon pinus. Jika Anda ingin tinggal lebih lama di daerah ini, Anda tidak perlu khawatir tentang penginapan. Pantai Indah Boalemo dikelilingi oleh resort mewah yang siap memanjakan Anda.
Pantai Bolihutuo
image source: indonesiawow.com
Selain Pantai Indah Boalemo, ada Pantai Bolihutuo yang tidak kalah indah. Pantai Bolihutuo juga memiliki pasir putih yang tersebar di sepanjang tepi pantai. Kesejukan di pantai ini sangat terasa karena sebagian besar Pantai Bolihutuo ditumbuhi pohon pinus raksasa. Beberapa cottage nyaman juga tersedia bagi Anda yang ingin sejenak tinggal disana.

Related Post

Next
Previous