Kisah Motivasi – Mencari Tujuan

Arti Penting Sebuah Tujuan untuk Meraih Kesuksesan


Seringkali, orang dengan mudah berkata ‘biarkan kehidupan mengalir seperti air’. Ya! Banyak orang mengartikan bahwa membiarkan hidup mengalir seperti air adalah sebuah jalan yang terbaik, yang bisa dijalani tanpa perlu melakukan upaya berlebih dalam menentukan tujuan dan kemudian berupaya meraihnya.
Benarkah bahwa hidup yang mengalir seperti air adalah sebuah hidup tanpa perlu target dan tujuan? Pada kenyataannya, air pun memiliki tujuannya tersendiri ketika ia mengalir. Meski ia selalu berubah bentuk mengikuti jalan yang dilalui, tapi toh pada akhirnya, ia selalu mengarah pada permukaan yang lebih rendah. Bahkan air sungai pun selalu berusaha mengalir untuk mencapai lautan.
Lantas, seperti apa memangnya arti penting sebuah tujuan untuk meraih kesuksesan? Untuk meraih kehidupan yang lebih baik? Bahkan ketika kita tak punya tujuan, mencari tujuan pun juga merupakan hal yang penting.

Tantangan Florence Chadwick untuk Menyeberangi Lautan

Apakah kamu tahu siapa itu Florence Chadwick? Dia adalah seorang perenang ulung dunia yang paling brilian. Florence Chadwick adalah seorang perenang handal yang berhasil menjadi wanita pertama yang mampu menyeberangi selat Inggris bolak – balik. Sungguh prestasi yang luar biasa bukan?
Meski sudah meraih begitu banyak penghargaan dan pengakuan, tapi sepertinya Chadwick masih belum puas. Ia gemar dengan tantangan – tantangan baru, hingga di suatu pagi yang sangat dingin di tahun 1952, Chadwick menemukan sebuah tantangan baru.
Florence Chadwick
Chadwick bertekad untuk menantang lautan yang terbentang antara Pulau Catalina dan Pantai California. Meski pagi begitu dingin dengan selimut kabut yang sangat tebal, Chadwick tetap menjajal tantangan baru itu. Ia mulai berenang dari Pulau Catalina menuju ke Pantai California.
Saat Chadwick memulai tantangan ini, lautan memang terasa sangat dingin. Ditambah lagi, kabut tampak begitu tebal sampai – sampai, Chadwick pun tidak bisa melihat perahu yang ditugaskan untuk mendampinginya selama perjalanan menyeberangi lautan.
Tak bisa dipungkiri, Chadwick memang memiliki fisik yang teramat kuat. Ia menyeberangi lautan yang dingin dengan gagahnya. Meski, berkali – kali ia harus terkejut lantaran bunyi senapan yang ditembakkan ke arah air sebagai pertanda adanya hiu. Berjam – jam ia lalui di dalam lautan dan berenang.
Sampai setelah 15 jam berenang di lautan yang dingin, Chadwick tampak menyerah dan meminta diangkat ke atas perahu pendampingnya. Ketika itu, pelatihnya sempat meminta Chadwick agar tetap melanjutkan berenang, karena ia sudah dekat dengan pemecahan rekor baru.
Chadwick pun berusaha keras untuk melihat ke sekelilingnya untuk mencari tujuan akhir rekor itu, yakni Pantai California. Tapi, betapa pun kerasnya ia berusaha melihat, yang tampak hanyalah kabut tebal. Ia jelas tidak bisa melihat dimana letak daratan yang sedang ia tuju.
Hingga akhirnya, hanya 800 meter lagi dari pemecehan rekor, Chadwick benar – benar menyerah dan berhenti untuk naik ke atas perahu pendampingnya. Ya, hanya kurang 800 meter saja, setelah belasan jam berjuang di dalam lautan yang dingin.
Lantas, kenapa ia bisa menyerah setelah menghabiskan perjuangan selama itu, dan bahkan setelah garis finish sudah tinggal beberapa ratus meter saja.
Dalam wawancaranya, Chadwick pun berkata “Bukannya saya mau mencari – cari alasan. Tapi, seandainya saja saya bisa melihat daratan, saya pasti akan berhasil.”
Ya, memang betul. Chadwick bukan ingin berhenti lantaran dinginnya air di lautan saat itu, bukan juga karena kelelahan yang ia rasakan setelah berenang belasan jam. Tapi, justru karena Chadwick tidak bisa melihat tujuan akhirnya.
Chadwick berusaha mencari tujuan, yakni daratan Pantai California. Hanya saja, gagal melihat daratan, membuatnya gagal untuk mencapainya juga. Jika tujuan hidup seseorang masih buram, lalu, bagaimana ia bisa mencapai tujuan hidup yang masih belum tampak?
Bukan begitu? Seperti itulah arti penting sebuah tujuan untuk meraih kesuksesan.

Related Post

Next
Previous