Gembira Loka Zoo- Tempat Wisata Jogja yang Wajib Dikunjungi

Mengunjungi kota Jogjakarta, tak lengkap bila tak mampir ke Kebun Binatang Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo (GL Zoo). GL Zoo merupakan salah satu tempat wisata popular di Jogjakarta yang menyimpan ratusan koleksi binatang terlengkap sekaligus wahana hiburan keluarga. Kepopuleran GL Zoo bahkan sudah menyaingi Malioboro dan Keraton Jogjakarta dilihat dari jumlah kunjungannya yang terus meningkat.

Bagaimana sejarah pendirian Gembira Loka Zoo?

Berbicara tentang sejarah pembangunan Gembira Loka Zoo, berarti kita juga harus mengingat Sri Sultan Hamengku Buwono VIII, Raja Keraton Jogjakarta di tahun 1933. Ya, sejarah pembangunan GL Zoo memang telah berlangsung lama. Tahun 1933, Raja Jogja ini menginginkan adanya sebuah tempat hiburan untuk masyarakat Jogja, yang lantas dinamai Kebun Rojo (kebun Raja).
Namun, Bukan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII yang merealisasikannya, melainkan Sri Sultan Hamengku Buwono IX di tahun 1953. Pembangunan taman hiburan ini dibantu oleh seorang arsitek kebangsaan Belanda, Ir.Karsten. Pembangunan Kebun Rojo ini tidaklah mulus. Pembangunannya sempat terhenti karena pendudukan Jepang dan Perang Dunia II. Karenanya, pembangunan kebun Rojo ini baru bisa selesai di tahun 1975. Seperti tujuan awalnya sebagai tempat hiburan, kebun Rojo ini pun diberi nama Gembira Loka yang secara kaidah bahasa berarti bersenang-senang.

Apa saja yang bisa ditemukan di Gembiro Loka Zoo?

Walaupun ditujukan untuk bersenang-senang dan hiburan, GL Zoo tidak hanya sekedar taman. GL Zoo justru lebih dikenal sebagai kebun binatang. Di GL Zoo, pengunjung juga ditawarkan wisata edukasi berupa museum zoology.
Ada beragam hewan langka yang tersimpan disini. Baik yang masih hidup, maupun dalam bentuk kerangka yang telah mati atau yang sudah diawetkan. Ada sekitar 311 jenis spesies binatang yang tersebar di GL Zoo. Ada anoa, jerapah, kuda nil, harimau, gajah, buaya, ular, biawak, kura-kura bahkan komodo langka dari pulau komodo pun dapat Anda temukan disini. Jadi, jika Anda tinggal di sekitaran Jogja dan ingin mengunjungi Komodo, Anda bisa ke GL Zoo terlebih dahulu sebelum punya kesempatan untuk langsung ke Pulau Komodo.
 Selain itu, beragam jenis tumbuh-tumbuhan pun juga dapat ditemukan. Koleksi tumbuhan langka salah satu museumnya mencapai 60 jenis spesies, diantaranya kepel, randu alas, miri hutan, keben, siperes dan lainnya. Selain tumbuhan langka yang menjadi pajangan, ada juga pohon-pohon besar, rindang yang berusia ratusan tahun yang menghiasi taman ini dan membuat suasana menjadi lebih sejuk.
Sebagai pelengkap, ada taman bermain dan berbagai replika gua dan replika hewan-hewan berukuran besar yang pasti disukai oleh anak-anak. Wahana permainan yang tersedia pun lengkap. Mulai dari permainan flying fox, jet coaster, kereta mini hingga perahu angsa. Ada juga atraksi hewan-hewan pintar yang biasa dilangsungkan pada pukul 11.00 hingga 13.00 atau menyesuaiakn pengunjung.

Bagaimana untuk samapi ke Gembira Loka Zoo?
Mudah saja jika Anda ingin mengunjungi GL Zoo. Letaknya cukup strategis di Jogjakarta, tepatnya di jalan Kusumanegara. Dari terminal Giwangan Anda hanya perlu menempuh jarak 4 kilometer, dan jika dari Keraton Jogja, berjarak 6 km. Ada jalur bus umum, yakni jalur 7 dan jalur 9 yang lewat tepat di sekitar GL Zoo. Atau bisa juga Anda menggunakan Transjogja 1B.
Anda bisa datang setiap hari karena GL Zoo buka setiap hari dari pukul 07.30 hingga 17.30. Harga tiket masuk ke GL Zoo juga tidak mahal. Anda hanya perlu membayar Rp 12.000 per orang jika Anda datang di hari biasa, atau Rp 15.000 per orang jika Anda datang di hari libur. Bahkan, Anda masih bisa mendapatkan diskon khusus bila Anda datang secara rombongan lebih dari 25 orang dan memesan tiket terlebih dahulu. Jadi, jangan lupa untuk segera langsung menengok keindahan Gembira Loka Zoo yaa? Selamat bersenang-senang.


Sumber:
http://www.yogyes.com/
http://kotajogja.com/
http://gembiralokazoo.com/

Related Post

Next
Previous