Rasakan Pengalaman Baru di Taman Laut Terindah di Dunia - Bunaken

Jika berbicara destinasi wisata laut terindah di dunia, maka Anda tak boleh melewatkan Taman Laut Bunaken. Ya! Taman Laut Bunaken bisa jadi masuk dalam jajaran Taman Laut Terindah di dunia. Taman Laut Nasional yang terletak di Manado, Sulawesi Utara, Indonesia menyimpan berjuta keindahan yang pasti tak akan terlupakan. Lokasi ini diresmikan oleh Menteri Kalautan pada tahun 1991 sebagai objek wisata bahari, pendidikan juga tempat untuk memperdalam potensi kegiatan ekologi alam dan konservasi laut.

Apa yang bisa Anda temukan di Bunaken?
Disana, Anda ditawarkan berbagai kegiatan menarik seperti berjemur di pantai, berenang di laut, menyelam (diving), juga snorkeling. Anda juga bisa menambah pengalaman berjelajah di hutan di sekitaran Taman Laut Bunaken.

image source: blog.upnvj.ac.id/
Taman Laut Bunaken secara keseluruhan terdiri dari lima pulau khas yang indah. Yang termasuk di dalamnya adala Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen dan Pulau Mantehage. Masih ada juga anak-anak pulau kecil yang mengelilingi pulau tersebut. Bunaken dihuni oleh sekitar 21.000 orang yang menempati kelima pulaunya. Yang paling popular diantaranya adalah Pulau Bunaken. Pulau ini adalah tempat paling tepat untuk menyelam dan bercengkerama dengan penghuni dasar laut. Diving di pulau ini termasuk 10 tempat paling popular di dunia. Anda dijamin terkagum-kagum dengan pesona alam lautnya yang luar biasa.
Keindahan taman laut bunaken tercipta karena keanekaragaman biota yang hidup di bawah lautnya. Keanekaragaman biota laut ini muncul karena letaknya yang berada di segitiga emas terumbu karang dunia dikelilingi oleh sebaran biota di Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste dan kepulauan Solomon. Karenanya, Anda bisa menemukan puluhan ribu jenis terumbu karang juga ribuan spesies ikan cantik di taman laut seluas 75.265 hektare ini. Biodiversitas laut yang tersimpan merupakan salah satu yang terbanyak di dunia. Tak heran kalau kepopuleran Bunaken akan keindahan wisata lautnya ini tidak hanya tersiar di seluruh Indonesia, melainkan juga di seluruh dunia. Ditambah lagi, hutan bakau dan pasir putih nan cantik ikut membumbui pesona kecantikan Bunaken.
Terumbu karang yang keras dan lembut, juga dinding karang yang terjal menjadi ciri khas taman laut ini. Berhiaskan biota laut yang kaya akan ragam warna. Lebih dari 3000 jenis ikan disana berkembang biak secara alami dengan ketenangannya. Ada ikan hiu, marlin, tuna, kakap, barakuda, kerapu, mandarin fish, kuda laut, napoleon, angel fish, gurita, ikan pari, lolosi ikan ekor kuning (Lutjanus kasmira), lumba-lumba, sapi laut, dugong-dugong, kuda ikan gusumi (hippocampus kuda), goropa (spilotoceps ephinephelus), OCI putih (seriola rivoliana ) juga kura-kura dan ratusan jenis ikan lain yang tergolong langka dan hampir punah. Yang paling popular disini adalah ikan purba raja laut yang bernama latin Coelacanth. Tentu saja berenang diantara primadona laut ini adalah pengalaman luar biasa. Jika Anda termasuk orang yang cinta menyelam, maka menikmati keindahan Bunaken adalah hal wajib.
Bunaken juga dikenal karena adanya keunikannya yang khas dan hampir pasti tidak dapat ditemukan di taman laut lain. Yakni sebuah dinding karang raksasa yang berdiri secara vertical dan melengkung ke atas. Dinding karang raksasa ini dikenal sebagai tembok besar air atau dinding gantung. Dinding ini pun juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan yang hidup di perairan di sekitarnya.
image source: seputarsulut.com

Bagaimana untuk sampai di Bunaken?
Bunaken terletak di wilayah Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken, Kota Manado Sulawesi Utara, tepatnya sekitar 7 mil dari pelabuhan Manado. Letaknya terbilang strategis. Sebagai taman laut kelas dunia, Bunaken ditata sedemikian rupa agar mudah untuk dinikmati turis lokal hingga mancanegara.
Untuk sampai kesana, Anda bisa memilih perahu motor bermesin yang hanya memakan waktu sekitar 50 menit. Kalau ingin lebih cepat lagi, Anda bisa menggunakan speed boat, yang bisa mengantarkan Anda hanya dalam 35 menit.

Kapan waktu yang tepat untuk ke Bunaken?
Bunaken tidak mengenal masa off seasons. Artinya, Anda bsia kapan saja mengunjungi Taman Laut Bunaken. Tapi, tentu ada masa paling dianjurkan untuk menyelam disana. Taman Laut Bunaken akan tampak paling indah bila diselami di sekitaran bulan Mei sampai Agustus. Temperature udara saat itu berada pada kisaran 26 – 31 derajat celcius. Pada bulan-bulan itu, Anda dapat menikmati sambutan dari air laut yang jernih juga begitu hangat.

sumber:
http://blog.upnvj.ac.id/
http://indonesia.travel/
http://visitsulawesi.info/
http://www.seputarsulut.com/



Related Post

Next
Previous