Danau Toba- Keindahan Alam dari Keajaiban

Salah satu destinasi wisata alam paling popular di Indonesia adalah Danau Toba. Danau Toba adalah wisata alam terindah yang menakjubkan di Pulau Sumatera. Kisah sejarah terbentuknya Danau Toba sudah terkenal hampir di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Danau ini memang menyimpan sejarah yang menarik tentang keajaiban alam. Begitu menariknya karena proses pembentukkannya yang tidak biasa.
Bagaimana sejarah pembentukannya?
Ya! Danau ini dibuat oleh alam sekitar 74.000 tahun silam. Danau Toba merupakan sebuah danau yang terbentuk dari Letusan maha dahsyat Gunung Toba. Gunung Toba yang tergolong Supervolcano ini, memiliki kantong magma yang super besar yang siap dimuntahkan secara luas di permukaan bumi. Karena letusan besar inilah, terbentuklah kaldera Danau Toba bersama dengan Pulau Samosir yang terletak di tengahnya. Bayangkan saja betapa maha dahsyatnya letusan ini. Bahkan letusan Toba ini tidak bisa dibandingkan dengan letusan Krakatau yang daya ledaknya setara dengan 150 megaton TNT di tahun 1883. Hingga kini, Gunung Toba masih berada di bawah dasar Danau Toba Sumatera Utara, yang sewaktu - waktu di perkirakan dapat meletus.
Apa yang dapat kita temukan di Danau Toba?
Tentu saja Anda akan dapat menemukan keindahan yang menakjubkan disana. Bahkan ada pengunjung yang mengaku bahwa hampir tak ada tempat yang keindahannya mampu mengalahkan Danau Toba di Sumatera Utara. Letaknya yang berada di ketinggian 900 meter di atas air laut ini membuat Anda bisa merasakan kesejukan yang luar biasa menyegarkan. Mata Anda pun akan dimanjakan dengan kolaborasi dari hamparan pegunungan hijau yang menggantung disekitaran danau raksasa yang berisi air jernih nan biru.
image source: Indonesiahebat.org
Danau raksasa ini memiliki lebar 30 kilometer dan panjang 100 kilometer. Ini adalah danau terbesar di Indonesia, bahkan juga merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Terdapat Pantai Lumban Binaga juga loh disana. Satu hal paling menarik dari Danau Toba adalah Pulau indah yang terletak di pusatnya, Pulau Samosir. Pulau ini merupakan pulau vulkanik yang berada di ketinggian 100 meter di atas permukaan air laut. Disana, Anda bisa mendaki, berenang atau pun bermain perahu.
Dua kecamatan paling popular di Pulau Samosir adalah Tomok dan Tuktuk. Disini, Ada beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi. Di wilayah Tomok, terdapat Pertunjukan Boneka Si Gale-Gale, Makam Raja Sidabutar, dan juga Museum Batak. Pertunjukan Boneka Si Gale-Gale biasa ditampilkan bersama dengan pertunjukan tari Tor Tor yang populer. Di Makam Raja Sidabutar, Anda bisa melihat batu makam besar yang dipahat berbentuk wajah dengan ciri khas rambut gondrong Sang Raja. Sedangkan di wilayah Tuktuk, merupakan pusat penginapan bagi Anda untuk melepas lelah.
Sedikit bergeser dari wilayah Danau Toba, Anda juga bisa mengunjungi Kota Parapat yang terletak di dekat Danau Toba. Salah satu destinasi menarik disana adlah Batu Gantung. Batu Gantung ini tergolong unik karena bentuknya menyerupai manusia. Batu ini konon diyakini sebagai penjelmaan gadis cantik bernama Seruni. Legenda masyarakat setempat mengisahkan tentang Seruni yang mencoba bunuh diri dengan melompat ke Danau Toba karena tidak ingin dijodohkan oleh orangtuanya. Namun, saat berjalan menuju tebing, Seruni tiba-tiba terperosok ke dalam lubang batu yang besar. Seruni pun memutuskan mengakhiri hidupnya di batu itu. Batu itulah yang lalu menghimpit tubuh Seruni. Karenanya, kini kita bisa melihat batu besar yang menyerupai tubuh seorang gadis yang seolah-olah menggantung di tepi tebing.
Bagaimana untuk sampai ke Danau Toba?
Untuk bisa sampai ke Danau Toba, Anda terlebih dahulu harus terbang ke Medan, Sumatera Utara. Dari Medan, Anda bisa langsung menuju ke Kota Parapat dengan lama perjalanan sekitar 4 jam. Jika ingin lebih cepat, Anda juga bisa langsung menuju ke Bandara Silangit yang terletak di Kabupaten Tapanulis Utara. Dari bandara ini, Anda hanya perlu menghabiskan 30 menit perjalanan ke Danau Toba dan satu jam ke Pulau Samosir.
Kalau merasa kelelahan dalam perjalanan, jangan khawatir. Tempat ini sudah siap untuk memanjakan para turis karena memiliki fasilitas akomodasi yang lengkap. Tempat penginapan mulai guest house hingga hotel pun tersedia di sepanjang tepian Danau Toba. Anda bisa menginap disana agar dapat lebih lama lagi menikmati keharuman udara di Danau Toba. Makanan juga tidak jadi soal disana. Danau ini juga dikenal memiliki banyak restoran yang siap memanjakan lidah Anda dengan makanan khas lokal. Kebanyakan makanan khas disana memiliki kekayaan cita rasa tersendiri. Hanya saja, bagi yang tidak doyan pedas dan santan, Anda perlu menanyakan dulu sebelum memesannya.


Related Post

Next
Previous