Ayo Bergabung di Festival Pulau Moyo 2014: “Go Sumbawa”



Anda pernah mendengar nama pulau Moyo? Ya, Pulau Moyo adalah salah satu destinasi wisata di Indonesia, tepatnya di Nusa Tenggara Barat. Nama Pulau Moyo memang belum sama terkenalnya dengan Pulau Lombok yang juga berada di Nusa Tenggara Barat, atau Pulau Bali yang berada di seberangnya. Nama Pulau ini sempat menjadi terkenal ketika Putri Diana dari Inggris singgah untuk mencari perlindungan dari kejaran paparazi. Namun, jika Anda dinilai dari daya tariknya, Anda dapat dibuat terpesona karena keindahan alamnya yang asri. 

image source: panel.mustangcorps.com
Pulau Moyo merupakan sebuah pulau yang terletak sekitar 3 kilometer dari lepas daratan Pulau Sumbawa. Daya tarik utama dari pulau ini adalah lautnya yang indah. Moyo dikelilingi oleh terumbu karang alami yang ideal untuk snorkeling. Disana juga dapat ditemukan hiu putih yang sering berenang dekat dengan penyelam, atau juga hilir mudik bersama ikan pari serta segerombolan jenis ikan tropis lainnya.


Selain itu, Pulau Moyo juga memiliki beberapa air terjun yang terkenal keindahannya. Salah satunya, air terjun Sengalo. Air terjun ini tampak mempesona karena kealamiannya. Air terjunnya yang masih murni dan jernih ini menjadi daya tarik tersendiri.



image source: lombok.panduanwisata.com 

Untuk lebih mempromosikan pulau ini, Pemerintah Kabupaten Sumbawa akan menyelenggarakan berbagai pertunjukan seni kompetisi dalam Festival Pulau Moyo 2014. Acara Festival Pulau Moyo 2014 akan berlangsung pada 27 September – 6 Oktober 2014 di Lapangan Pahlawan Sumbawa Besar, Pulau Moyo. Festival Pulau Moyo 2014 ini adalah yang ketiga kalinya. Festival Pulau Moyo pertama kali dilaksanakan sejak 2012 sebagai salah satu kampanye program “Go Sumbawa”.


Dalam Festival ini, Anda dapat menikmati suasana meriah yang penuh dengan berbagai kegiatan. Terdapat semarak pawai budaya, pekan budaya samawa, sarembang ratib, expo, maen jaran atau pacuan kuda, sepeda gunung, jelajah wisata motor, diving, samawa basarune, hingga barapan kebo yakni atraksi karapan kerbau yang unik. Selain itu, Anda juga bisa ikut berpatisipasi dalam berapa kompetisi seperti lari 10 k dan fishing contest. Pada tahun 2012, acara ini pernah memecahkan rekor menyelam terlama dengan melibatkan jumlah penyelam terbanyak.


Anda tertarik untuk hadir? Untuk menuju ke Moyo tidak sulit. Anda dapat menyewa perahu dari Sumbawa Besar. Hotel tempat menginap bisa mengatur transportasinya. Pilihan lain, Anda bisa pergi sendiri ke dermaga di Muara Kali dan menawar harga untuk sebuah kapal. Saat tiba di Pulau Moyo dan ingin menjelajahinya, disarankan untuk menyewa pemandu karena alam tempat ini masih alami. Ada banyak hewan liar yang ditetapkan sebagai satwa buru seperti rusa timor, banteng, sapi liar, serta babi hutan. Suasana ini juga bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang yang gemar dengan nuansa alam alami.


References: indonesiakaya.com
Indonesia.travel

Related Post

Next
Previous