Pesona Indonesian Green Canyon – Cukang Taneuh

Para pecinta traveller dunia, pasti pernah mengenal Grand Canyon. Grand Canyon adalah salah satu tujuan wisata alam terpopuler di dunia yang terletak di Benua Amerika. Tapi, ternyata Indonesia juga punya wisata serupa Grand Canyon loh. Grand Canyon yang ada Indonesia ini lebih tepatnya dikenal sebagai Green Canyon yang juga memiliki pesona alam yang menakjubkan.
Wisata Green Canyon Indonesia ini terletak di wilayah Jawa Barat. Nama asli tempat ini sebenarnya adalah Cukang Taneuh. Namun, seorang warga Perancis yang pernah berkunjung disana pada tahun 1993, mulai mempopulerkan Cukang Taneuh dengan nama Green Canyon. Cukang Taneuh berupa lembah, jurang dan juga ada jembatan tanah. Nama Cukang Taneuh, ini diambil dari kata Taneuh yang berarti jembatan tanah, yang menggambarkan suasana alam di tempat ini.
delaten.com
Green Canyon Indonesia dapat Anda temukan di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis, Green Canyon berjarak sekitar 130 km, dan jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km. Di sekitar Green Canyon, Anda juga bisa menemukan objek wisata Batukaras dan Lapangan Terbang Nusawiru.
Keindahan Green Canyon ini berasal dari aliran sungai Cijulang. Dari sungai Cijulang, semburan air jernih mengalir menembus gua yang penuh dengan pesona keindahan stalaktif dan stalakmit. Di sekitarnya, pepohonan nan rimbun dan bebatuan terjal menambah keunikan alamnya. Semua kesatuan alam yang menakjubkan ini sangatlah menantang untuk dijelajahi.
Perjalanan menuju ke lokasi Green Canyon pun sudah dihiasi dengan gelaran keindahan alam. Para wisatawan dapat berangkat dari dermaga Ciseuruh menggunakan perahu tempel atau perahu kayuh untuk menempuh jarak sekitar 3 km. Di sepanjang perjalanan, Anda dapat menikmati aliran air sungai yang indah berwarna hijau tosca. Mungkin, air sungai yang hijau inilah yang menginspirasi nama Green Canyon.
Setiba di mulut Green Canyon, Anda akan disambut dengan alur sungai yang sempit dan jeram. Disana, air berubah menjadi kebiruan dan begitu jernih. Inilah letak dari surga Green Canyon nya Indonesia. Anda bisa menikmati segarnya air dengan berenang atau merayap di tebing-tebing batu. Disana, Anda disuguhi cekungan dinding terjal di sepanjang tepian sungai. Cekungan dinding batu ini, bahkan ada yang menyerupai gua yang unik.
Di sepanjang petualangan, Anda juga akan menemukan aliran air terjun kecil. Keindahan Green Canyon dapat Anda nikmati cukup lama, karena rutenya yang cukup panjang. Di ujung perjalanan Anda, akan ada sambutan hangat dari sebuah gua yang dihuni oleh banyak kelelawar. Bahkan, Green Canyon ini juga bisa menjadi surga tersendiri bagi para penyelam karena keindahan dasar sungainya dan ikan-ikannya yang beragam. Meski tampak menantang, namun lokasi ini diakui keamanannya untuk berjelajah, bahkan bagi anak-anak usia 6 tahun.
Body Rafting adalah salah satu hal yang menarik dari Green Canyon. Body rafting menjadi olahraga air yang sangat menantang sekaligus menegangkan. Anda akan diajak untuk menyusuri sungai sekitar 3 sampai 4 jam dengan berbagai medan, mulai dari medan dengan arus tenang, medan dengan arus sedang, sampai yang paling menegangkan dan ekstrim ke aliran jeram setan.
delaten.com
Namun, untuk menikmati keindahan Green Canyon, Anda sebaiknya datang ketika memasuki musim kemarau. Karena ketika musim penghujan, Anda mungkin akan kesulitan karena derasnya aliran sungai.
Selain itu, satu hal lagi yang harus Anda siapkan adalah uang cash yang cukup. Tentu saja, karena letaknya yang jauh dari pemukiman, tidak ada ATM atau pun fasilitas penginapan yang tersedia disana. Lokasi penginapan dan fasilitas lain yang terdekat bisa Anda temukan di Pangandaran. Meski cukup terpencil, namun jangan khawatir tersesat karena disana ada banyak pemandu yang siap bersama dengan ratusan kapal mereka.
Untuk informasi dana yang harus Anda siapkan, yaitu :
·              Tiket Perahu Rp.125.000,-
·              kapasitas 1 perahu maksimal 6 orang (balita dihitung 1 orang)
·              buka setiap hari jam 08.00 – 17.00 WIB
·              hari jumat buka jam 13.00 – 17.00 WIB


Penasaran? Selamat Berwisata ke Indonesian Green Canyon.

Related Post

Next
Previous