Pesona Wisata Laut di Karimunjawa

Karimunjawa. Hmm, siapa yang tak pernah mendengar nama itu? Gugusan kepulauan indah yang menjadi surganya wisata laut di pulau Jawa. Kepualauan yang terletak di wilayah laut Jawa ini terletak di sebelah utara pulau Jawa, sekitar 83 km dari Kota Jepara Jawa Tengah. Meski belum sepopuler Pulau Bali, tapi jumlah wisatawan Karimunjawa terus mengalami peningkatan. Karimunjawa semakin popular setelah ditetapkan sebagai Taman Nasional Karimunjawa pada 15 Maret 2001. Promosi Karimunjawa pun semakin gencar dilakukan di dalam dan luar negeri.

image source: www.indonesia-tourism.com
Apa saja yang dapat ditemukan di Karimunjawa?
Kepulauan dengan luas daratan sekitar 1.500 hektare dan perairan 110.000 hektare, ini popular karena pesona wisata Taman Lautnya yang indah dan alami. Karimunjawa menjadi surga kehidupan bawah laut yang dihuni berbagai biota indah. Terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai serta ratusan spesies fauna laut menghuni taman laut ini dengan damai. 69 marga karang keras, 353 spesies ikan karang dan 300 hektar hutan mangrove ditambah dengan sekitar 242 jenis ikan hias dapat Anda temui dengan bebas berkeliaran disana. Bahkan, bila beruntung, Anda pun bisa berjumpa dengan fauna langka seperti Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik juga Penyu Hijau. Ada juga tanaman khas yang menjadi primadona Taman Nasional Karimunjawa, yakni dewadaru. Tanaman dengan nama latin Crystocalyx macrophyla ini merupakan jenis tanaman khas yang dapat ditemukan di hutan hujan dataran rendah.
Di wilayah Pulau Tengah dan Pulau Menjangan Besar, Anda bahkan bisa mendapati kolam penangkaran ikan hiu. Kolam ini menjadi salah satu daya tarik wisata karena para wisatawan bisa merasakan tantangan untuk berenang bersama predator berbahaya ini.
Di Karimunjawa, ombaknya juga sangat indah. Ombak disana tergolong rendah dan jinak. Pesona ombak yang indah itu semakin menakjubkan dipadu dengan pantai pasir putih nan halus. Pulau-pulau kecil indah juga berserakan di Karimunjawa. Terdapat 27 gugusan pulau indah yang 22 pulau diantaranya masih belum perpenghuni.
Tidak hanya pesona alamnya yang asri, masyarakat Karimunjawa pun dikenal ramah dan menyenangkan. Perpaduan keindahan inilah yang membuat Karimunjawa sangat berharga untuk dikunjungi.


Darimana asal nama Karimunjawa?
Nama Karimunjawa ternyata muncul berdasarkan sebuah legenda. Warga di kepulauan ini percaya kalau kepulauan ini awalnya ditemukan oleh Sunan Muria. Alkisah, Sunan Muria tengah dilanda perasaan prihatin akan tingkah putranya, Amir Hasan. Amir Hasan adalah anak yang nakal. Untuk merubah pola tingkah anaknya itu, Sunan Muria memerintahkan anaknya untuk pergi ke sebuah pulau. Dilihat dari puncak Gunung Muria, pulau itu tampak kabur atau yang dalam bahasa Jawa disebut “kremun-kremun”. Sunan Muria ingin anaknya dapat memperdalam dan megnembangkan ilmu agamanya di pulau yang tenang itu. Karena tampak kremun-kremun itulah pulau tersebut dinamakan Pulau Karimunjawa.

Bagaimana transportasi untuk sampai ke kepulauan Karimunjawa?
Untuk menuju ke Karimunjawa, transportasi paling umum yang digunakan adalah kapal. Terdapat kapal yang biasa berlayar dari Semarang dan Jepara menuju ke Karimunjawa. Dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang, penyeberangan menggunakan kapal cepat hanya berlangsung sekitar 2 sampai 3 jam. Kalau Anda memilih menggunakan kapal ekonomi dari pelabuhan Pantai Kartini Jepara, perjalanan Anda akan memakan waktu sekitar 6 jam pelayaran. Jika Anda ingin lebih flexible saat berwisata di Karimunjawa, Anda juga bisa membawa mobil atau motor Anda menyeberang dengan kapal. Sangat penting untuk melihat jadwal keberangkatan kapal terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk berlibur. Jadwal keberangkatan kapal bisa berubah menyesuaikan dengan cuaca.
Jika Anda tidak bisa menikmati perjalanan menggunakan kapal laut, Anda juga bisa memilih transportasi udara. Terdapat jalur udara yang dapat ditempuh dari Bandara Ahmad Yani Semarang langsung menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan Kepualauan Karimunjawa. Perjalanan udara hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit.


Luar biasa bukan pesona wisata laut di Karimunjawa ini? Jadi, bila Anda sedang merencanakan liburan, jangan ragu untuk memilih Kepulauan Karimunjawa di daftar teratas tujuan wisata Anda ya.


Sumber:
http://www.karimunjawakita.com/
http://karimunjawa.yogyes.com/
http://id.wikipedia.org/

Related Post

Next
Previous